10 Universitas Terbaik di Asia

10 Universitas Terbaik di Asia

Top University Asia

Universitas Terbaik Di Asia
By CECILIA ARTA and DAVID SETIAWAN
December 7, 2016

 

Kuliah di Universitas Terbaik di Asia

Melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas mungkin membuat sebagian dari Anda bingung. Pertanyaan-pertanyaan seperti jurusan apa yang harus Anda ambil, universitas apa yang seharusnya Anda pilih, bagaimana cara menentukan universitas pilihan, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin pernah terlintas di pikiran Anda. Menempuh pendidikan di universitas terbaik juga pasti menjadi impian semua pelajar. Di artikel berikut ini kami akan mengulas secara singkat 10 universitas terbaik di Asia berdasarkan QS University Rankings pada tahun 2016.

 

10 Universitas Terbaik di Asia berdasarkan QS University Rankings 2016.

1. National University of Singapore (NUS)

NUS merupakan universitas yang terletak di Singapura dan telah menempati peringkat pertama di QS University Rankings sebanyak tiga kali berturut-turut. Selain menempati peringkat pertama universitas terbaik di Asia, NUS juga menempati peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik di dunia. NUS merupakan universitas tertua yang berusia 111 tahun pada tahun ini dan merupakan universitas negeri di Singapura.

NUS menerapkan sistem pendekatan global untuk program pendidikan dan penelitian di kampus. Ia juga dikenal dengan universitas yang secara intensif melakukan penelitian dan memiliki 38,000 pelajar dengan 9,400 pelajar internasional. NUS menempati top 10 di dunia dalam bidang studi berikut: electrical/mechanical/civil/chemical engineering, chemistry, materials sciences, environmental science, pharmacy and pharmacology, computer science, statistics and operational research, architecture, geography, dan social policy

Cari tau lebih banyak mengenai NUS di sini.


2. University of Hong Kong (HKU)

University of Hong Kong merupakan universitas tertua di Hong Kong yang berusia 105 tahun pada tahun ini. HKU memiliki 28,000 pelajar dengan 8,194 pelajar yang merupakan pelajar internasional.Selain menempati peringkat universitas kedua terbaik di Asia,  HKU menempati peringkat ke-27 sebagai universitas terbaik di dunia.

Selain menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, HKU menawarkan 37 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia. Beberapa bidang studi unggulan HKU adalah mineral and mining engineering, civil and structural engineering, architecture, dentistry, education and training, linguistics, dan social policy and administration.

Cari tau lebih banyak mengenai University of Hong Kong di sini.


3. Nanyang Technological University (NTU)

Sama seperti NUS, NTU adalah sebuah universitas negeri di Singapura. Seperti ITB dan UI di Indonesia, NTU dan NUS adalah 2 universitas negeri yang merupakan 2 universitas terbaik di Singapura. Dapat dikatakan NTU seperti ITB lebih terkenal dalam bidang studi teknik dan pengetahuan alam serta banyak melakukan penelitian.

NTU menempati peringkat ke-13 sebagai universitas terbaik di dunia dan mendapat 5+ QS STARS, salah satu sistem rating yang mengukur kualitas universitas di seluruh dunia. Universitas ini berusia 25 tahun dan menempati peringkat ke-1 dalam QS Top 50 Under 50 pada tahun 2016. NTU memiliki 25,300 pelajar dengan 7,800 pelajar internasional dari 95 negara. Bidang studi unggulan di NTU yang menjadi top 10 di dunia adalah electrical engineering dan material sciences.

Cari tau lebih banyak mengenai Nanyang Technological University di sini.


4. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Serupa dengan NTU, HKUST adalah universitas negeri Hong Kong yang dikenal banyak melaukan penelitian. HKUST juga berusia 25 tahun dan menempati peringkat ke-2 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016. Tak hanya itu, HKUST menempati peringkat ke-36 sebagai universitas terbaik di dunia. HKUST memiliki 12,100 pelajar dengan 4,500 pelajar internasional.

Tak heran pula, HKUST dikenal dengan reputasi pada bidang studi teknik dan international outlook. Beberapa bidang studi unggulan di HKUST adalah electrical/mechanical/civil/chemical engineering, chemistry, materials sciences, computer science, statistics and operational research, mathematics, economics and econometrics, business and management, dan accounting and finance.

Cari tahu lebih banyak tentang The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) di sini.


5. Tsinghua University

Tsinghua University merupakan universitas negeri riset yang berlokasi di Beijing, China. Tsinghua menempati peringkat ke-24 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas yang berusia 105 tahun pada tahun ini pun dinobatkan sebagai salah satu dari 9 universitas bergengsi di China. Tsinghua University memiliki 35,400 pelajar dengan 3,900 pelajar internasional.

Tsinghua University menyediakan 34 program sarjana, 56 program pasca sarjana, 41 program doctoral kepada mahasiswa intenasional. Dalm 15 tahun terakhir, Tsinghua telah menciptakan 400 perusahaan dan lapangan pekerjaan berbasis teknologi. Selain itu, terdapat 33 bidang studi di Tsinghua University yang menempati peringkat top 100 dunia. Beberapa bidang studi yang merupakan top 10 di dunia adalah civil engineering, materials sciences, dan architecture.

Cari tahu lebih banyak tentang Tsinghua University di sini.


6. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di negara K-Pop, KAIST merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Daejeon, Korea Selatan. Universitas yang didirikan pada tahun 1971 ini sangat terkenal dengan hasil penelitiannya. KAIST merupakan institusi riset pertama di bidang teknik dan pengetahuan alam di Korea Selatan.

KAIST memiliki 9,800 pelajar dengan 550 pelajar internasional dan menempati peringkat ke-3 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU dan HKUST. Terdapat 15 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia. Beberapa bidang studi tersebut adalah electrical/mechanical/civil/chemical engineering, chemistry, materials sciences, dan computer science.

Cari tahu lebih banyak tentang KAIST di sini.


7. City University of Hong Kong

City University of Hong Kong merupakan salah satu universitas negeri riset yang terletak di Kowloon, Hong Kong. City University of Hong Kong didirikan pada tahun 1984 dan saat ini berusia 32 tahun sekaligus menempati peringkat ke-4 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU, HKUST, dan KAIST. Tak hanya itu, City University of Hong Kong juga mendapat 5+ QS STARS dari segi kualitas.

City University of Hong Kong 9,300 pelajar dengan 3,400 pelajar internasional. Universitas ini menempati peringkat ke-55 sebagai universitas terbaik di dunia. Ada 25 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia, beberapa bidang studi unggulan di City University of Hong Kong adalah civil engineering, computer science, mathematics, business and management, accounting and finance, communication and media studies, dan linguistics.

Cari tahu lebih banyak tentang City University of Hong Kong di sini.


8. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

CUHK juga terletak di Hong Kong dan merupakan salah satu universitas terbaik di Asia. Universitas yang berusia 53 tahun ini merupakan universitas kedua tertua di Hong Kong. CUHK menempati peringkat ke-44 sebagai universitas terbaik di dunia dan merupakan satu-satunya universitas di Hong Kong yang mendapat beberapa penghargaan seperti Nobel Prize, Turing Award, Fields Medal, Veblen Prize.

Dengan 17,600 pelajar dan 4,300 diantaranya merupakan pelajar internasional, CUHK memiliki 32 bidang studi unggulan di dunia, diantaranya electrical engineering, computer science and information systems, social policy and administration, nursing, dan linguistics.

Cari tahu lebih banyak tentang The Chinese University of Hong Kong (CUHK) di sini.


9. Peking University

Peking University yang berlokasi di Beijing, China merupakan salah satu universitas penelitian besar yang juga dinobatkan sebagai salah satu dari 9 universitas China yang paling bergengsi. Peking University didirikan pada tahun 1898 dan saat ini sudah berusia 118 tahun. Universitas ini terkenal dengan kualitas pendidikan dan juga keindahan arsitektur bangunannya.

Dengan menempati peringkat ke-39 sebagai universitas terbaik di dunia, Peking University memiliki 39,700 pelajar dan 6,400 diantaranya adalah pelajar internasional. Tak hanya itu, Peking University memiliki 35 bidang studi unggulan di dunia. Diantaranya adalah mineral and mining engineering, chemistry, dentistry, social policy and administration, modern languages, dan linguistics,.

Cari tahu lebih banyak tentang Peking University di sini.


10. Seoul National University

Dari namanya, Anda sudah bisa menebak universitas ini terletak di Seoul, ibukota Korea Selatan. Seoul National merupakan salah satu universitas yang paling bergengsi di Korea Selatan. Seoul National University yang didirikan pada 1946 dan saat ini berusia 70 tahun ini, merupakan universitas tertua di Korea Selatan.

Seoul National University memiliki 27,700 pelajar dengan 2,200 pelajar internasional. Ia juga dianugerahi 5+ QS STARS dan menempati peringkat ke-35 universitas terbaik di dunia. Universitas ini memiliki 38 bidang studi unggulan di dunia, diantaranya mechanical /chemical engineering, chemistry, materials sciences, pharmacy and pharmacology, social policy and administration, dan modern languages.

Cari tahu lebih banyak tentang Seoul National University di sini.

 

Kata Penutup oleh Toga: Pemilihan Universitas Terbaik di Asia Berdasarkan Peringkat

Dalam menentukan pilihan universitas, saya berpendapat bahwa Anda tidak seharusnya menempatkan penekanan yang terlalu banyak terhadap peringkat manapun. Pertama-tama, masing2 organisasi menggunakan metode dan kriteria yang berbeda dalam menentukan peringkat universitas. Tentunya hal tersebut membingungkan hendaknya peringkat mana yang hendaknya Anda jadikan sebagai acuan dalam menentukan universitas yang terbaik bagi Anda. Kedua, apabila Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai metode dan kriteria yang digunakan, saya yakin Anda akan melihat bahwa sebagian kriteria tidak berlaku atau penting bagi Anda. Selain itu, saya juga yakin Anda akan menemukan bahwa ada kriteria yang bagi Anda secara pribadi sangat penting tetapi tidak digunakan dalam menentukan peringkat sebuah sekolah. Contohnya, saya yakin banyak dari Anda setuju bahwa kaliber alumni Indonesia dari universitas luar negeri tersebut sangat penting. Tetapi saya berani menjamin bahwa peringkat manapun di dunia ini, termasuk peringkat 10 universitas terbaik di Asia oleh QS di atas tidak mencakup kriteria tersebut karena tidak memiliki relevansi bagi orang lain kecuali orang Indonesia.

Sebagai Founder and Managing Director dari satu-satunya perusahaan konsultasi pendidikan yang telah berhasil membantu warga negara Indonesia masuk ke universitas papan atas di dunia, saran saya adalah sebagai berikut. Pertama, Anda hendaknya menyelaraskan pilihan jurusan yang sesuai dengan aspirasi karir Anda. Setelah itu, Anda dapat mencari tahu universitas mana yang menawarkan program yang sesuai dengan hal tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa kurikulum sebuah universitas bukan hanya satu-satunya hal yang dapat mendukung aspirasi karir Anda. Bahkan dalam beberapa kasus, lingkungan di sekitar universitas tersebut dapat memberikan dampak yang lebih besar. Contohnya, apabila Anda tertarik untuk terjun di bidang pertanian untuk padi setelah lulus, saya berpendapat bahwa universitas terbaik di Asia ataupun di dunia untuk menunjang karir di bidang tersebut terletak di Jepang. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa negara matahari terbit memiliki teknologi pertanian padi yang paling maju sedunia karena walaupun iklim bercocok tanamnya kurang subur, beras Jepang memiliki kualitas terbaik di dunia. Saya rasa jelas sekali bahwa walaupun NUS menempati peringkat pertama universitas terbaik di Asia, sangat sulit sekali bagi sebuah institusi pendidikan dari negara yang tidak memiliki lahan pertanian untuk dapat menawarkan ilmu pertanian yang unggul.

Apabila tertarik, Anda dapat membaca artikel saya yang memberikan pemaparan secara lengkap mengenai 5 urutan langkah yang sebaiknya diambil dalam menentukan pilihan jurusan dan universitas di sini.

 

This article was originally published by Galedu and have been edited by Toga for streamlining purposes and to provide more insights.

Comments

comments

Share: